Sunday, May 14, 2017

Konfigurasi Backup, Restore, Export, Import Mikrotik


Asalamualaikum wr.wb


bertemu lagi dengan saya adityax.. pada kali ini saya akan sedikit membahas tentang mikrotik yang lebih tepatnya adalah konfigurasi backup - restore dan export - import di mikrotik.

backup dalam mikrotik ini ada dua macam yaitu, backup keseluruhan menggunakan perintah backup dan mem-backup sebagian konfigurasi menggunakan perintah Export. dan sebenarnya Backup dan Export ini dapat dikombinasikan dengan tools netwatch, scheduler dan email untuk keperluan automatic regulary backup dan mengirimkannya ke email tertentu.. tapii saya masih belum bisa untuk melakukan konfigurasi tersebut dan masih dasarnya saja. jika ada kesempatan saya akan mempelajarinya sekaligus menshare nya..

untuk mempersingkat waktu, kita mulai saja konfigurasinya..

BACKUP & RESTORE

1. pertama saya disini akan membackup seluruh konfigurasi yang ada pada router, untuk membackup nya cukup mudah hanya perlu masuk ke file list -> lalu klik backup


untuk backup via terminal.

system backup save name=namabackup


2. lalu disini saya akan melakukan percobaan dengan menambahkan konfigurasi setelah di backup.. yang nantinya kita akan lihat apakah konfigurasi yang kita tambahkan itu masih ada atau ke hapus karena kita restore backupan nya.. contoh disini saya menambakan konfigurasi mengubah interface pada ether1 menjadi public dan menambahkan dns server dengan ip nya 8.8.8.8 dan 8.8.4.4


3. setelah konfigurasi telah dilakukan.. sekarang kita restore backupan tersebut dan lihat hasilnya akan jadi seperti apa..

system backup load name=namabackup


setelah restore dilakukan nanti router tersebut meminta untuk direboot.. jadi ketik yes aja..


bisa kalian lihat gambar di atas.. kenapa konfigurasi yang telah kita lakukan setelah backup kok menghilang ? itu bisa terjadi dikarenakan backup dan restore pada mikrotik bersifat overwrite, yang berarti semua konfigurasi yang kita lakukan akan di hapus dan diganti dengan konfigurasi yang ada pada backupan tersebut. jika detail nya si router akan mereset konfigurasi semua nya sebelum system melakukan restore dengan file backup.

Export & Import

 setelah kita melakukan backup & restore, kita akan melakukan export & import fungsi ini berguna untuk membackup sebagian konfigurasi dan juga bisa membackup semua konfigurasi.. untuk pengetesan mari kita mulai..


1. disini saya akan menbackup konfigurasi ip address dengan menggunakan export. seperti yang saya jelaskan sebelumnya bila menggunakan export kita bisa membackup sebagian konfigurasi yang kita inginkan.. jadi pada kali ini saya akan membackup konfigurasi IP address nya saja.. untuk konfigurasi cukup mudah karena yang akan dibackup adalah ip address jadi kita cukup mengetikkan..

ip address export file=namaexport


2. setelah backupan export kita telah dilakukan.. sekarang saya akan melakukan percobaan dengan melakukan meremove ip address yang sebelumnya telah di simpan di backupan export dan menambahkan ip address di interface yang berbeda yang merupakan konfigurasi yang tidak tersimpan di backupan export..


3. sekarang kita import file backupan export yang telah kita buat sebelumnya.

import file-name=namaexport


kalian bisa lihat gambar di atas... kenapa setelah kita export, konfigurasi ip address pada interfaces ether2 itu tidak menghilang? itu di karenakan bahwa import ini tidak bersifat overwrite, yang berarti konfigurasi pada router yang diimport tersebut akan aman aman saja dan gak bakal hilang. dan juga gk butuh proses reboot buat konfigurasi import ini.

bagaimana nya jika konfigurasi file tersebut sudah ada trus di import..? dan apa yang akan terjadi?


kalian bisa lihat gambar diatas.. setelah saya melakukan percobaan tersebut.. dan kenapa gagal? itu dikarenkan konfigurasi yang diketahui dari file import/export tersebut sudah ada dan sama persis pada router mikrotik yang akan diimport, maka output yang akan keluar yaitu failure(gagal)

cukup sekian dari saya..
mohon maaf bila ada kesalahan kata maupun gambar yang saya buat kurang memuaskan..
terima kasih bagi yang mengunjungi blog saya..
semoga bermanfaat :)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon