Monday, May 15, 2017

Konfigurasi Monitoring Server Windows 2012 R2 Menggunakan IP Host Monitor

https://4.bp.blogspot.com/-47uG-AnydSk/WEv5WjQrzbI/AAAAAAAACUg/ESPxrNe4LugtwgXkRrr4gVBIUlpACGKPwCLcB/s1600/monitoring%2Bip%2Bhost%2Bmonitor.png

Assalamualaikum wr.wb
pada kali ini saya akan sedikit membagikan sebuah informasi tentang monitoring server menggunakan IP HOST Monitor. untuk kegunaan nya sama seperti aplikasi lainnya yang membedakan hanya ia mempunyai kemampuan mendeteksi jaringan yang kalian buat dengan cukup cermat dan cepat. untuk kelanjutannya dan lebih lengkapnya mari kita lihat konfigurasinya..

kalian bisa lihat pada gambar di bawah ini.. bisa di bilang ini adalah logo dari aplikasi yang sedang saya paparkan...
 


setelah kita lama berbincang bincang.. untuk mempersingkat waktu, kita mulai saja konfigurasinya..

Konfigurasi

1. karena kita ingin memakai aplikasinya.. jadi hal yang pertama yang kita lakukan ialah menginstall aplikasinya.. untuk disini saya anggap kalian sudah punya aplikasinya jadi kalian tinggal install, bagi yang belum cari di google banyak :'v untuk tahap pertama kalian klik next aja.


2. selanjutnya pertujuan lisensi yang di tetapkan oleh vendor dari aplikasi tersebut. klik yes jika kalian bisa mematuhi peraturan yang ia buat dan untuk masuk ke tahap selanjutnya.


3. setelah itu kalian pilih folder yang nantinya akan di jadikan tempat file aplikasi tersebut.. untuk disini saya pilih defaultnya aja.. jika udah selesai milih kalian klik next.


4. proses install sedang berlangsung.


dan masih berlangsung tahap penginstalannya, tetap bersabar dan tunggu sedikit lagi..


5. proses instalan telah selesai. sekarang kalian klik finish untuk mulai menggunakan aplikasinya..


6. selanjutnya kita akan mengkonfigurasi aplikasinya agar kita bisa memonitoring server yang kita inginkan.. pada gambar di bawah, ada dua pilihan untuk cara monitoring nya.. yaitu quick network discovery (konfigurasi monitoring secara praktis) dan advanced network discovery (konfigurasi monitoring secara lebih detail). disini saya memilih cara konfigurasinya yang kompleks agar kita bisa memonitoring server nya secara full atau secara keinginan kita..


7. tentukan range address ip yang akan ingin kalian monitoring.


8. lalu kalian centang sesuai keinginan kalian bagian apa sajakah yang ingin kalian monitoring.. disini saya mencentang semuanya agar biar keliatan aja semua aktifitas di range ip address yang telah saya pilih..


selanjutnya kalian pilih juga aplikasi buat server kalian yang ingin di monitoring juga..


9. selanjutnya kalian tentukan credintial apa yang akan digunakan untuk monitoring,


10. selanjutnya kalian centang enable scheduled scan agar kalian bisa monitoring otomatis sesuai waktu yang kalian inginkan..


11. bagi yang belum mengatur usernya.. maka nanti akan ada notifikasi seperti gambar di bawah.. jadi klik yes untuk memasukkan akun server windows server 2012 kalian.


12. kalian masukkan domain server kalian serta akun nya, disini saya menggunakan akun administrator.. setelah selesai klik ok


13. selanjutnya bagi yang data monitoringnya ingin kalian kirim ke email kalian, cukup kalian isi emal address serta SMTP nya.. bagi yang tidak ingin dikirim.. kalian bisa klik ok.


14. proses scanning sedang berjalan.. karena yang ingin saya monitoring sangat banyak jadi yaa bisa dibilang cukup lama lah ngescanning nya.. jadi cukup bersabar aja :'v


15. kalian bisa lihat gambar di bawah ini.. ini merupakan gambar di mana scanning nya telah selesai dan tertampil semuanya..


kalian bisa lihat gamabar yang telah saya tandakan di bawah ini.. itu merupakan tanda bahwa service nya atau pc nya sedang down atau dimatikan..


cukup sekian dari saya...
terima kasih bagi yang mengunjungi blog saya..
mohon maaf bila ada kesalahan di segala aspek..
semoga bermanfaat :)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon