Friday, August 4, 2017

Point To Point Wireless Router Mikrotik




Assalamualaikum Wr Wb


Setelah lama gk ngeblog lagi akhirnya terlepas juga dari kemalasan yang sangat tidak menyenangkan yaitu kemalasan ngeblog :'v oke setelah terlepas dari kemalasan tersebut.. yukk kita mulai materinya untuk kali ini..

pada kali saya akan share tentang Wireless yang lebih pokoknya yaitu Point To Point, apa sih itu Point To Point di dalam materi wireless? jadi Point To Point merupakan sebuah koneksi dimana Satu Host yang terhubung langsung dengan satu Client, jadi point to point ini membutuhkan 2 alat router wireless yang nantinya ada yang bertindak sebagai host atau AP dan yang satunya lagi bertindak sebagai client atau station. ohhh ya karena disini saya mensimulasikan praktek tentang materi ini secara berkelompok yang terdiri dari 2 orang dan ss yang di buat mungkin ada sama samanya gitu lohh :v jadi untuk blog temen saya jika kalian ingin mengunjunginya kalian bisa klik link DISINI

okee tampa basa basi lagi kita mulai aja yukk konfigurasinya..

untuk contoh topologinya sudah saya buat secara singkat dan jelas jadi agar lebih mudah dipahami dari materi kali ini.


okee setelah melihat topologinya mungkin kalian sedikit pencerahan untuk memulai materi pada kali ini.. jadi kita mulai konfigurasinya..

Router Host (AP)

1. pertama kita buka dulu Tab Wireless Tables, disana kita cek interfaces terlebih dahulu apakah sudah hidup atau belum, selanjutnya kita akan menambahkan password pada AP yang akan kita buat jadi kita buat dulu security profilenya..


2. okee kita buat security profile nya, untuk tab Name serta tipe authentication nya bisa kalian sesuaikan dengan keinginan kalian atau mengikuti gambar di bawah juga gk papa kok.. :v


3. selanjutnya kita akan membuat AP pada Router Host. jadi buka interface wlan nya,lalu kalian masuk tab Wireless nanti akan terbuka seperti gambar di bawah, jadi kalian sesuaikan Band, Channel, Frequency karena nanti pada Router Client nya di settingan tab Wireless nya juga akan di samakan di bagian Band, Channel, Frequency. Untuk SSID nya terserah kalian mau ditulis apa aja..., untuk Security Profile nya kalian masukkan seperti yang kalian buat sebelumnnya di tahap 2, ohh ya saya pilih Mode nya ap bridge di karenakan saya menggunakan alat yang berasal dari vendor yang sama yaitu 2 router mikrotik. jika kalian ingin beda vendor untuk menghubungkannya kalian bisa gunakan mode Bridge.


okeee telah selesai kita buat AP pada Router Host nya.. sekarang kita pindah Router Client..

Router Client

1. pertama kita buka Wireless Tables nya.. disitu kita langsung menuju aja ke Security Profile, karena disana kita akan membuat Password untuk masuk ke Router Host nya..


2. okee kita buat security profile sesuai dengan security profile yang kita buat sebelumnya dan passwordnya harus sama seperti yang kita buat di router host..


3. setelah membuat security profile nya, kita akan mulai menghubungkan router Client kita ke Router Host yang telah di buat AP sebelumnya untuk caranya kita menggunakan Mode Station Bridge untuk menangkap apa yang sudah kita buat sebelumnya.. dan jangan lupa samakan jenis frequensinya walaupun sudah otomatis sihh :v jadi tata caranya kalian ikuti pada gambar di bawah..


4. selanjutnya kalian masukkan security profile yang telah kalian buat untuk masuk ke AP nya..


5. setelah selesai kalian tunggu aja sejenak sampai Router Client tersebut terkoneksi.. untuk melihat terkoneksi atau tidak kalian bisa lihat pada gambar di bawah yang ada tulisan R nya.. yang berarti terkoneksi pada AP yang dituju..


6. setelah terkoneksi, kita akan mulai untuk mendapatkan IP dari si Router Host tersebut jika telah di setting DHCP Server.. jadi kita jalankan DHCP Client nya.. untuk caranya bisa kalian lihat gambar di bawah..


Monitoring Status Sinyal

okee setelah kita terhubung dengan si Router Host tersebut.. mungkin disini ada yang merasa gelisah gitu gimana dapet sinyal nya besar atau kecil, cepat atau lemot ? nahh ada beberapa cara nih untuk monitoring sinyal nya dan caranya cukup mudah, kalian buka menu Registration, nanti disana ada list yang bergabung pada jaringan mana saja.. lalu kalian klik dah list tersebut untuk melihat lebih jelasnya sinya tersebut..


nahh untuk tampilan generalnya ada pada gambar di bawah..


untuk tampilan signal gelombang seperti pada gambar di bawah..ohh yaa untuk tambahan saja.. pada hasil gambar di bawah kami sekelompok mendapat sinyal yang tidak terlalu bagus dan tidak terlalu buruk padahal jarak kami itu sangat dekat.. mungkin di karenakan banyak nya penguna yang membuat AP sehingga banyak sekali jaringan yang bertebaran sehingga dapat menimbulkan tabrakan gelombang sehingga kita hanya mendapatkan sinyal segitu aja..


untuk tab Statistic nya ada pada gambar di bawah..


okeee tambahan lagi yaitu Test Bandwith.. Tools ini bisa kita gunakan pada mikrotik untuk menghitung jumlah kecepatan bandwith yang kita punya.. untuk caranya cukup masukkan IP target yang ingin di test dan pilih Protocol nya, masukkan User nya dan Password bila ada, lalu klik Start.. nanti akan muncul trafik yang di hasilkan dari bandwidth yang kalian punya


okee sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan kata maupun gambar yang saya buat
terima kasih telah mengunjungi blog ini
semoga bermanfaat :)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon