Thursday, January 25, 2018

Konfigurasi Folder Sharing Server menggunakan Distributed File System (DFS) Windows Server 2012 (Part 1)

Asalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh


pada kesempatan kali ini saya akan sharing materi tutorial tentang Konfigurasi File Sharing Server menggunakan Distributed File System (DFS) Windows Server 2012 tetapi sebelum itu saya akan sedikit menjelaskan apa itu DFS..

Distributed File System

DFS (Distributed File System) adalah satu set layanan Client dan server yang disediakan Microsoft Windows Server untuk mengatur banyaknya file sharing yang akan di distibusikan ke dalam distributed file system. 

Jadi dengan adanya DFS ini saya gunakan untuk membuatkan storage tambahan yang lebih khusunya untuk data data perusahaan seperti dokumen perusahaan dan lain lain yang akan saya berikan storage tambahan ini kepada karyawan client nantinya. Jadi karena semua berpusat pada satu tempat, maka akan lebih mudah mengatur nya.

nahh setelah kita mengetahui sedikit tentang DFS ini, kita langsung saja mulai konfigurasinya

Instalasi

untuk instalasi ini saya akan menjelaskan pada bagian yang terpenting saja, karena pada bagian lainnya kalian pasti sudah mengerti.

  • kita masuk ke tahap pada di bawah ini yang tepatnya Server Roles, Disini kita centang DFS Namespaces dan DFS Replication pada kedua server tersebut. Lalu klik next.

  • selanjutnya Setelah kita sampai ketahap seperti gambar di bawah ini. Kalian klik install untuk memulai penginstalannya.


Pembuatan New Namespace

sekarang kita langsung saja memulai untuk pembuatan baru Namespace dengan cara buka DFS Management yang terdapat di Server Manager -> Tools -> DFS Management. 
  • di bagian namespace terdapat New Namespace lalu kalian klik tersebut.

  • lalu pada tahap ini kalian pilih nama server yang akan dibuat Namespace, di sini saya menggunakan server sexword

  • selanjutnya kita akan menempatkan namespace tersebut berada, di tahap ini saya akan menempatkan folder namespace ini tidak berdasarkan default nya, selain itu folder target bisa berfungsi juga untuk melihat isi dari namespace nya. jadi saya pilih Add folder target. Untuk caranya klik Add -> tuliskan \\namaserver\folderkantor  -> klik Ok

  • selanjutnya kalian akan otomatis di perintahkan untuk membuat sharing folder baru. Jadi kalian klik browser untuk memilih tempat folder utama Namespace nya.

  • nahh disinilah kalian pilih tempat foldernya. Disini saya membuat folder baru di tempat storage yang sebelumnya saya sudah jelaskan. Untuk disini saya sesuaikan dengan tempat user kantor IT jadi namanya ITU (IT User) setelah selesai klik Ok.

  • setelah selesai kalian centang seperti pada gambar di bawah ini. Lalu klik OK


  • setelah terbuat sharing folder untuk kantor IT nya. Sekarang kita buat sharing folder untuk usernya. Untuk caranya klik Edit

  • selanjutnya kalian tambahkan tulisan dibelakangnya sesuai dengan nama usernya, karena disini saya usernya bernama anak1 jadi saya samakan saja namanya menjadi seperti pada gambar di bawah

  • jadi nantinya hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu kalian klik Ok.

  • setelah selesai maka akan terlihat seperti pada di gambar di bawah

  • untuk pembuktian nya disini saya membuka folder sharingnya yang sesuai dengan yang sudah kita buat sebelumnya. Dan di dalam folder tersebut tidak tedapat file maupun folder karena folder tersebut baru saja di buat.

nahh jadi seperti itulah proses konfigurasinya. untuk pada kesempatan lainnya saya akan menshare yang ke part 2 nya yaitu Pemberian Hak Akses Akun User pada Folder Sharing DFS.

terima kasih bagi yang sudah mengunjungi blog ini dan saya meminta maaf bila ada kesalahan kata maupun pada gambar screenshoot yang kurang jelas ataupun penjelasan yang kurang bagus.

semoga bermanfaat :)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

4 comments

kalo dfs belum muncul gimana cara munculkan?

belum muncul dfs apa yah nih gan? bisa kasih screenshot nya?

gan mw tanya, folder sharing nya cuma bisa di buka di local jaringan, apa bisa di buka di manapun lewat internet ?

menurut ane sih ini materi diterapkan buat local jaringan aja.. klo mau di buat lewat internet aksesnya mungkin make vpn kali ya biar bisa masuk jaringan local..


EmoticonEmoticon