Sunday, May 28, 2017

Lab 9.8 install phpMyAdmin mysql CentOS 7


asalamualaikum wr wb

pada kali ini saya akan share tutorial yaitu Install phpMyAdmin mysql CentOS 7. jadi pada intinya kita gk perlu lagi nulis nulis script di mysql nya untuk membuat database, kita cukup ngeklik klik saja untuk membuat database di saat kita menggunakan phpmyadmin.
oke tampa basa basi lagi kita mulai konfigurasinya.

Persiapan 

untuk persiapan yang dibutuhkan adalah :
  • telah terinstall apache pada centos kalian
  • sudah ada database mysqlnya. bagi yang belum kunjungi saja DISNI
  • serta koneksi internet untuk menginstall paket yang akan dibutuhkan.

Topologi


Konfigurasi

1. pertama kalian install terlebih dahulu php nya.. php ini nantinya berguna untuk menampilkan phpmyadmin pada apache yang akan berguna di saat kita mengakses phpmyadmin di browser dan script script pada .php pada phpmyadmin akan tertampil.


2. selanjutnya kita install repo epel, karena kita akan mengambil instalan phpmyadmin nya di repo epel. jadi kita install dulu repo epelnya.


3. setelah selesai repo epelnya di install baru kita install deh phpmyadminnya.


4. selanjutnya kita atur dulu pada file httpd.conf, di file itu klita akan atur untuk mengaktifkan file .php yang ada pada apache.


5. selanjutnya kita cari dehh script yang seperti pada gambar di bawah. lalu kalian tambahkan script index.php pada bagian yang telah saya tandai, setelah selesai kalian save dehh.


6. selanjutnya kita edit file phpMyAdmin.conf yang berada di direktori /etc/httpd/conf.d.



7. selanjutnya kalian tambahkan ip network server kalian, contoh disini saya menggunakan network 192.168.137.0/24 dan konfigurasi di tahap ini berguna agar halaman phpmyadmin ini dapat diakses oleh siapa.. karena disini kita nambahinnya buat ip network pada server.. jadi yang dapat mengaksesnya nya hanya yang memiliki ip network yang sama dengan server.


8. setelah selesai kita restart deh service httpd nya.


9. selanjutnya kita akan memulai veritifikasinya jadi kita akan mengakses si phpmyadminnya.. untuk mengaksesnya cukup dengan membuka pada browser lalu kalian masukkan ipserverataudomainkalian/phpMyAdmin untuk contoh disini saya menggunakan domain jadi seperti ini adityax.com/phpMyAdmin/


yee.. akhirnya bisa masuk kedatabase mariadbnya.. dan kita gak perlu lagi ngetik ngetik script yang panjang.. dan kita cukup ngeklik klik aja..


sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan serta saya berterima kasih bagi yang mengunjungi blog saya..
semoga bermanfaat :)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon