Sunday, May 21, 2017

Lab 9.2 Konfigurasi Cara Install phpPgAdmin di Centos 7


Asalamualaikum wr wb

pada kali ini saya akan ngelanjutin pos yang sebelumnya yaitu Lab 9.1 Instalasi Database Server PostgreSQL pada Centos 7 , jadi bagi yang belum meginstall postgresql diharapkan untuk mengunjungi link yang telah saya sediakan lalu saya juga menggunakan domain untuk akses web nya. pos sekarang yang saya akan bawakan adalah Konfigurasi Install phpPgSAdmin CentOS 7. jadi phpPgAdmin ini adalah sebuah software postgresql client yang dapat diakse via web, makanya dari itu dengan ada nya ini kita gk perlu ngetik command lagi buat bikin database atau yang lainnya.

oke tanpa basa basi lagi kita mulai install nya..

Topologi

Konfigurasi

1. untuk menginstall phpPgAdmin ini, kita membutuhkan repo epel dikarenakan paket phpPgAmin ini tidak ada pada repository bawaan centos dan adanya di repo epel.. jadi kita install dulu repo epelnya.. untuk caranya adalah.

yum install epel-release -y

2. setelah itu kita install deh httpd nya serta phpPgAdmin.


3. sekarang kita akan mulai mengkonfig si phpPgAdmin, dan letaknya di /etc/phpPgAdmin/config.inc.php jadi kita edit dah itu file nya..

nano /etc/phpPgAdmin/config.inc.php


4. selanjutanya kita cari sintaks $conf['servers'] [0] ['host'] = ''; dan sintaks ini berguna untuk mengedintikasikan letak postgresql servernya. berhubung postgresql server dan phpPgAdmin ini berada dalam satu server, jadi saya atur menjadi localhost.


5. lalu kita cari lagi sintaks $conf ['owned_only'] dan sintaks ini berguna untuk mengatur tampilan database pada suatu user.. di sini saya akan mengatur agar setiap user hanya dapat melihat database yang dimilikinya saja dan database user lainnya tidak dapat dilihatnya.. untuk mengatur nya cukup mudah dengan kita tambahkan true pada sintaks $conf ['owned_only'] dan untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah.


6. lalu kita cari lagi sintaks $conf ['servers'] [0] ['desc'] dan sintaks ini berguna untuk mengatur nama server pada web di saat login. disini saya mengaturnya dengan nama adityax-PostgreSQL jika kalian ingin beda juga boleh.


7. setelah selesai mensettingnya. sekarang kita akan konfigurasi lagi tapi di tempat lain yaitu /var/lib/pgsql/data/pg_hba.conf dan kita akan menyetting agar postgresql pada saat mengakses suatu database harus menggunakan password.

nano /var/lib/pgsql/data/pg_hba.conf


8. setelah masuk kalian coba pergi kebawah sampe ujung nanti kalian akan melihat sintaks seperti pada gmabar di bawah ini.


setelah ketemu kita tentukan network sesuai dengan server kalian. dan jangan lupa tambahkan md5 yang bertujuan untuk memberikan password pada saat host mengakses postgresql. jadi disaat host yang telah dipilih mengakses database postgresql, dengan otomatis ia akan dimintai user beserta passwordnya yang telah didaftarkan. disini kalian bisa masukkan seluruh network jaringan, ip tertentu atau semua ip. sedangkan localnya disini saya biarkan secara defaultnya.


9. setelah selesai. kita restart service postgresql agar konfigurasi yang telah dilakukan berjalan



10. selanjutnya kita setting lagi di bagian httpd nya untuk website phpPgAdmin nya nanti. konfigurasinya terletak di /etc/httpd/conf.d/phpPgAdmin.conf


11. sekarang kita atur supaya hanya network pada server kita saja yang dapat mengakses module mod_authz_core.c saja, berhubung disini 192.168.137.0/24 adalah network pada server saya.. jadi saya masukkan itu. hal ini digunakan agar gk semua orang gitu loh yang bisa akses phpPgAdmin ini biar secure. untuk caranya kalian tambahkan baris Require ip ip network/prefix didalam tag ifModule mod_authz_core.c 


12. setelah selesai mensettingnya. sekarang kita coba buat user postgresql beserta database nya dengan alasan untuk pengujian pada phpPgAdmin nya nanti. untuk caranya kalian bisa lihat gambar di bawah.


su - postgres : digunakan untuk masuk ke bash posgresql nya.
createuser : digunakan untuk membuat usernya
createdb hud-db -O : digunakan untuk membuat database hud-db  dan -O untuk user tertentu.
psql hud-db : untuk masuk ke database hud-db
alter user adityax with password 'rahasia'; digunakan untuk membuat role user adityax agar dapat mengakses database hud-db dengan password rahasia.

13. selanjutnya kita restart deh httpd nya biar konfigurasinya berjalan. bagi yang belum mengaktifkan httpd nya kalian bisa ketikkan start dan enable


14. selanjutnya kita izinkan service httpd pada firewal agar user yang terhubung dapat mengaksesnya.

firewall-cmd --add-service=http --permanent
firewall-cmd --reload

15. kita izinkan lagi pada SElinux Boolean agar bisa mengakses database lewat website.


16. selanjutnya kita buka deh website nya http://ipataudomainnya/phpPgAdmin/ kemudaian coba login dengan user yang telah di buat sebelumnnya.

17. dan kalian lihat hasilnya setelah masuk ke user tersebut.. terdapatkan database nya...


yeahhh akhirnya selesai juga dan kita tidak perlu lagi ketik ketik panjang di bash postgresql nya..

cukup sekian dari saya.. mohon maaf bila ada kesalahan
saya ucapkan terima kasih bagi yang mengunjungi blog saya..
semoga bermanfaat :)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon